1. Apa yang dimaksud dengan Shading?
Shading merupakan
metode atau teknik dalam rendering (pembentukan gambar yang mengandung model
geometris untuk menghasilkan gambar yang lebih realistis). Pemberian bayangan
(shading) merupakan proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi
permukaan menggunakan model illuminasi (pencahayaan). Metodenya melliputi:
·
Penentuan
permukaan tampak pada setiap pixel
·
Perhitungan
normal pada permukaan
·
Mengevaluasi
intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.
Salah satu cara untuk
menampilkan objek 3 dimensi agar terlihat nyata adalah dengan menggunakan
shading. Shading adalah cara menampilkan objek 3 dimensi dengan mewarnai
permukaan objek tersebut dengan memperhitungkan efek-efek cahaya. Efek-efek
cahaya yang dimaksud adalah ambient, diffuse, dan specular. Metode shading yang
digunakan adalah Flat Shading, Gouraud Shading, dan Phong Shading. Untuk Flat
Shading, perhitungan warna dilakukan satu kali karena dalam 1 face tidak
terjadi gradasi warna, untuk Gouraud Shading, pewarnaan vertex dilakukan pada
tiap vertex sehingga tampak gradasi warnanya. Dan untuk Phong Shading,
pewarnaan dilakukan pada tiap garis hasil scanline pada face sehingga gradasi
tampak lebih halus.
2. Jelaskan yang dimaksud dengan Ambient, Diffuse, Specular?
·
AMBIENT
Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan
lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya
datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu
lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin
terang, sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang-remang.
·
DIFFUSE
Jenis pencahayaan yang kedua ialah diffuse. Diffuse adalah
pencahayaan yang tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari
lampu ke titik tabrak pada obyek dengan normal obyek. Sehingga posisi lampu
sangat mempengaruhi efek diffuse ini.
·
SPECULAR
Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber
cahaya terlihat pada permukaan obyek. Efek specular terlihat pada obyek yang
mengkilap. Semakin mengkilap permukaan suatu obyek maka makin jelas bayangan
sumber cahaya yang terlihat pada permukaan obyek tersebut.
3.
a. Jelaskan
yang dimaksud dengan Mapping?
Mapping adalah menciptakan representasi grafis dari informasi
menggunakan hubungan spasial dalam grafik untuk mewakili beberapa hubungan
dalam data. Praktek umum dan asli dari pemetaan adalah penggambaran skala
fitur geografis, yaitu, kartografi .
b. Sebutkan
dan jelaskan jenis-jenis Mapping!
Texture map
* Texture
map terdiri dari :
- bitmap :
memilih file gambar image
- checker :
pola papan catur
- marble :
tekstur berupa marmer
- gradien :
tekstur dari gradasi tiga buah warna
- water :
menampilkan efek air
- wood :
menampilkan tekstur kayu
Mapping coordinate
* Mapping
Coordinate terdiri dari:
- offset :
menggeser posisi bitmap pada material
- tilling :
mengatur duplikasi bitmap pada material
- mirror :
mencerminkan bitmap pada material
- tile :
pengkotakkan material
- angle :
perputaran material pada objek
- uv/vw/wv :
orientasi mapping
- blur :
memberikan efek kabur
4. Jelaskan
perbedaan game online dan offline!
Di game online kita harus mendaftar atau register
terlebih dahulu. Tidak semua games online dapat dimainkan secara gratis,
beberapa di antaranya ada yang memerlukan registrasi atau pembuatan member yang
memerlukan sejumlah biaya.
Game Offline merupakan permainan tanpa
menggunakan LAN (Local Areal Network) jadi game offline itu tidak dapat
melakukan LAN dan juga tidak bisa berinteraksi dengan orang lain
secarauniversal. Perbedaan mencolok lagi bahwa game offline tidak sama seperti
game online yaitu harus mendownload dari server penyediaanya tetapi game
offline ini kita harus membeli langsung ke toko game yang dimana akan menjadi
tambahan profit bagi pembuat game tersebut.
5. Software apa
saja yang digunakan para programmer untuk membuat game? Jelaskan!
-
Unity 3D
Unity 3D merupakan program
gratis untuk membuat game yang dirancang agar mudah digunakan oleh pemula.
Program ini menjadi pilihan lebih dari 800.000 pencipta game dari seluruh dunia
karena Unity menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan untuk
menciptakan game-game hebat. Unity memiliki kinerja grafis dengan optimasi
tinggi dan bisa digunakan di PC, Mac (termasuk iPhone), Wii, dan iPad.
Dengan Unity, berbagai
jenis game bisa diciptakan secara fleksibel. Contoh jenis game yang telah
dibuat menggunakan Unity antara lain: massively multiplayer online game
berbasis browser; first person shooter (game tembak menembak); game balap; real
time strategy (game siasat perang); role playing game (RPG); dan sebagainya.
-
Unreal
Development Kit
Unreal Development Kit (disingkat UDK) merupakan program lengkap membuat
game dengan kualitas profesional berdasarkan Unreal Engine 3, yang mendapat
pengakuan sebagai salah satu game engine terbaik. Unreal Engine 3 telah
digunakan oleh pencipta game, peneliti, studio televisi, sutradara machinima,
artis, dan pelajar.
-
Panda3D
Panda3D adalah program untuk
animasi 3D dan penciptaan game yang Open Source dan gratis untuk penggunakan
komersial sekalipun. Salah satu fitur unggulan program ini adalah monitor
kinerjanya, sehingga beban CPU dan GPU (Graphics Processing Unit) bisa
diketahui sekilas.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar