ANDA para peselancar dunia maya
yang sering berjelajah dari situs satu ke situs lainnya pasti takkan lupa untuk
nongkrong atau paling tidak sekedar mampir ke salah satu situs yang lagi meroket
saat ini. Situs apa itu? Ya, tentu saja situs facebook! Saat ini
siapa yang tidak mengenalnya? Bisa dipastikan orang yang melek huruf dan pernah
berinternet pasti mengetahui situs yang satu ini. Bahkan mereka yang dulunya
hanya berinternet untuk sekedar membuka email kini pun mulai betah berlama-lama di depan
komputer untuk mengulak-ngulik akun Facebook-nya.
Data berbicara saat ini ada sekitar 175 juta profil aktif di situs Facebook dan setiap profil rata-rata memiliki 120 teman. Durasi pengaksesan profil berjumlah sekitar 3 miliar menit/hari dan lebih dari 18 juta pengguna meng-update profilnya setiap hari . Lebih lanjut, menurut penelitian yang dilakukan oleh Student Monitor, Facebook termasuk dalam jajaran benda/hal kedua yang diingini oleh para pelajar/mahasiswa di AS setelahIpod.
Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg
beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Altodan menyewa apartemen di sana.
Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkanFacebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkanFacebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Sejarah dan
perkembangan facebook
Asal mula
Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard
University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya.
Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode
situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana
selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan
yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini,
Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara
keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.
2004
Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.
Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat timthefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret
2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS
dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy
League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir
semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan
Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut
dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan
2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna
Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan
kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan
menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan
teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebookmengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebookmengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft
adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah
sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam
jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat
ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan
Microsoft.
Dalam hal
tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun
perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan
pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan
Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil
pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.
Konsep terbaru
dari facebook
Konsep Baru
Penampil Foto Facebook Mirip Google + — Pada laptop 15 inchi
-misalnya, gambar ditampilkan sebesar 960 pixel lebar dan 720 pixel tinggi.
Setelah pengguna mengklik pada foto,
antarmuka baru akan muncul dan mencakup seluruh layar dengan foto serta ruang putih di sisi kanan. Pengguna dapat
memberikan suka (like), berbagi (share) dan mengomentari foto di
sisi kanan layar.
Konsep tampilan foto Facebook tersebut sangat mirip dengan konsep dasar yang dipunyai Google +, perbedaannya terletak pada beberapa tombol fungsi dan desain. Ada yang tidak dimiliki oleh Facebook dalam konsepnya yang mirip ini, yaitu alat pengedit, pemutar foto (rotate) dan koreksi warna.
Meski konsep baru
penampil foto facebook ini mirip dengan Google +, tetap saja
antarmuka Google + merupakan salah satu pilihan terbaik untuk melihat foto. Alasannya, pengguna dapat menemukan merek kamera saat mengambil gambar bahkan tersedia link untuk
mengunduh fotoyang sesuai dengan
ukuran foto aslinya.
Perkembangan Negatif
·
Pada Desember
2008, Mahkamah Agung Australia memutuskan menggunakan data-data pengguna
Facebook sebagai salah satu dasar dalam penentuan putusan perkara.
·
Universitas
New Mexico pada Oktober 2005 memblokir akses Facebook dalam jaringannya dengan
dalih situs Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus. Pemerintah
Provinsi Ontario, Kanada juga memblokir akses Facebook dengan alasan yang
hampir serupa.
·
Beberapa
negara sampai saat ini masih melarang akses Facebook ke warga negaranya. Pemerintah
Syria melarang akses Facebook dengan alasan situs ini akan
dimanfaatkan oleh Israel untuk meluaskan pengaruhnya. Pemerintah Iran juga
memblokir Facebook karena khawatir media ini akan digunakan pihak oposisi untuk
menggalang jaringannya.
·
Pada 5
Februari 2008, seorang warga negara Maroko, Fouad Mourtada, ditahan oleh
kepolisian setempat karena membuat profil palsu atas nama Pangeran Moulay
Rachid yang merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan Maroko.
·
Sejumlah
pengguna yang ingin keluar dari jaringan Facebook mengeluh kesulitan dalam
menghapus profilnya. Hal ini terjadi karena sebelumnya Facebook hanya
mengizinkan pengguna untuk sekedar deaktivasi saja sedangkan data-data pribadi
tetap tersimpan dalam server Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para
pengguna yang ingin benar-benar menghapus seluruh datanya. Menanggapinya, pihak
Facebook kemudian merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga sejak saat
itu pengguna yang ingin keluar dapat meminta data-data pribadinya untuk dihapus
sama sekali dari jaringan Facebook.
·
Pada 2004, ConnectU, sebuah situs yang mirip dengan Facebook,
membuat tuntutan hukum kepada Zuckerberg atas tuduhan penjiplakan ide kreatif
dan source code. Para pendiri ConnectU (Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan
Tyler Winklevoss) yang merupakan rekan sekelas Zuckerberg di Harvard
beranggapan bahwa konsep dasar Facebook adalah ide mereka dan Zuckerberg
hanyalah orang yang disewa untuk mendesainnya.
·
Seorang warga
negara Kanada, Adam Guerbuez, pernah memanfaatkan situs Facebook untuk
mengiklankan produk pembesaran penis dan penggunaan mariyuana. Pihak Facebook
kemudian menggugat Guerbuez di pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
·
Pada 24 Juli
2008, Grant Raphael, seorang warga Inggris diseret ke meja hijau atas tuduhan
membuat profil palsu yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya, Mattew
Firsht, sebagai seorang homoseksual.
·
Pesepakbola
tenar Italia, Alessandro Del Piero menggugat
Facebook pada 9 Februari 2009 karena memuat profil palsu dirinya yang berisi
tautan-tautan ke berbagai situs propaganda Nazi. Del Piero kemudian menyatakan
bahwa ia bukan pendukung Nazi dan sama sekali tidak pernah memiliki akun apapun
di Facebook.
Kondisi Terkini
Terlepas dari berbagai kontroversi di atas tak bisa dipungkiri bahwa demam Facebook sedang mewabah di seluruh dunia. Jadi kini tergantung anda sendiri memanfaatkan Facebook untuk tujuan apa dengan mempertimbangkan resiko-resiko yang menyertainya.
Apapun itu, saat ini menurut comScore Facebook adalah situs jejaring sosial terkemuka di dunia mengalahkan MySpace dan menurut Alexa untuk peringkat global berada di peringkat kelima, hanya kalah dari Google, Yahoo,Youtube dan Live. Sedangkan penghargaan yang pernah diterima adalah "Top 100 Classic Websites" tahun 2007 dari PC Magazine dan "People's Voice Award" tahun 2008 dari Webby Awards.
Sumber :
http://www.google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar